Jumat, 03 November 2017

Nomor BPJS Anda Tidak Terdaftar, Ini Solusinya


Pernakah Anda mengalami kesulitan ketika membayar iuran BPJS?

Ada pengalaman menarik selama satu bulan ini terkait pembayaran BPJS Kesehatann yang misterius. Kenapa? Karena setiap kali membayar dari tanggal 1 bulan Oktober sampai akhir bulan selalu mendapatkan jawaban yang sama ketika ingin melakukan pembayaran iuran BPJS “Nomor Anda Tidak Terdaftar”.

Pengalaman pertama mendapatkan jawaban “Nomor Anda tidak terdaftar” saya mencoba mencari informasi ke berbagai sumber,

Pertama, Ternyata banyak yang menyarankan melakukan pembayaran di awal waktu (Misalnya Tanggal 1-5), karena jika di akhir-akhir menjelang tanggal 10 akan banyak yang melakukan pembayaran sehingga sering terjadi gangguan.

Kedua, sebaiknya melakukan pembayarannya malam hari karena sedikit yang transaksi.

Ketiga, ini saran baru yang saya ketahui dan belum dicoba adalah melakukan pembayaran sekaligus beberapa bulan.

Ada pula pengalaman orang yang terlalu rajin membayar, sebelum tanggal 1 maka dapat dipastikan tidak bisa melakukan transaksi. Walaupun dari beberapa informasi sebenarnya kita bisa melakukan pembayaran iuran BPJS beberapa bulan sekaligus. Saya sendiri belum pernah mencobanya.

Berangkat dari pengalaman masa lalu, saya biasanya melakukan pembayaran iuran setiap tanggal 1. Akan tetapi, bulan ini ada sesuatu yang berbeda. Saya menerima jawaban yang sama sampai 3 hari yang lalu, yaitu “Nomor Anda tidak terdaftar”. Berhubung belum sempat datang langsung ke kantor BPJS, maka saya memutuskan untuk mengunjungi websitenya.

Dari sana saya diarahkan untuk register BPJS mobile, sehingga dapat mengakses kesehatan dengan lebih mudah. Seperti  Info JKN, lokasi (Kantor Regional, kantor Cabang, Faskes Tingkat Lanjut, Faskes Tingkat Pertama BPJS, beserta alamat, telpon, fax, map, dll), Pembayaran, Cek Virtual Account (VA), Skrining Riwayat Kesehatan, Kartu Peserta, Peserta, Premi, Catatan Pembayaran, Pembayaran, Pelayanan, ubah data peserta, pendaftaran peserta.

Setelah mengecek catatan pembayaran di BPJS Mobile, ternyata saya menemukan sumber masalahnya. alasan kenapa nomor saya tidak terdaftar adalah karena saya sudah melakukan pembayaran tanggal 4 Oktober 2017. Padahal setiap melakukan pembayaran, belum ada tulisan transaksi berhasil.

Jadi, cara Keempat, coba cek kembali catatan pembayaran BPJS Anda, mungkin saja sudah berhasil tetapi belum ada laporannya.

Selamat mencoba.

Photo Credit: infoperbankan

Jakarta, 9 Safar 1439 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.